Audit Internal Berbasis Risiko #BookReview

Assalammualaikum wr.wb.
Jadi ginii, berkaca dari kesulitan aku cari informasi tentang isi dari beberapa buku literatur untuk penulisan karya tulis dan kuliah, aku pun memutuskan untuk share sedikit informasi terkait buku Audit Internal Berbasis Risiko karya Theodorus M.Tuanakotta. InshaaAllah kedepannya akan ada buku-buku lain yang juga bakal aku review isi nya :)



AUDIT INTERNAL BERBASIS RISIKO

Judul : Audit Internal Berbasis Risiko
Penulis : Theodorus M. Tuanakotta
Penerbit : Penerbit Salemba Empat
Genre / Kategori : Pendidikan / Audit
ISBN : 978-979-061-895-4
Tahun Terbit : 2019
Jumlah Halaman : 662 hlm.

Daftar Isi per Bab:
Bab 1 Audit Internal
Bab 2 Audit Internal Berbasis Risiko
Bab 3 Wadah Pengetahuan Audit Internal
Bab 4 Kerangka Acuan Praktisi Profesional
Bab 5 Tata Kelola
Bab 6 Manajemen Risiko Perusahaan (ERM)
Bab 7 Proses Bisnis dan Risiko Bisnis
Bab 8 Pengendalian Internal
Bab 9 Risiko Teknologi Informasi dan Pengendaliannya
Bab 10 Risko Fraud
Bab 11 Mengelola Fungsi Audit Internal
Bab 12 Bukti Audit dan Kertas Kerja Audit
Bab 13 Data Analytics/Analitika Data
Bab 14 Proses Penugasan Audit Internal
Bab 15 Merencanakan Penugasan Asurans
Bab 16 Komunikasi dalam Penugasan Asurans dan Pelaksanaan Prosedur Tindak Lanjut
Bab 17 Konsulting oleh Audit Internal 
Bab 18 Investigasi Fraud
Bab 19 Audit Internal Sektor Publik
Bab 20 Maturitas Audit Internal

Audit adalah ilmu yang luas. Buku ini adalah salah satu literatur yang ku gunakan sebagai dasar karya tulis tugas akhir yang sedang ku tulis (doakan aku selesai sesuai harapan dan tepat waktu ya btw). Audit bisa dibedakan menjadi audit eksternal dan audit internal tergantung auditor yang ditugaskan dan tujuan pelaksanaan audit. Audit juga terdapat audit keuangan sektor komersial dan audit sektor publik. Ilmu yang cukup luas bukan? Dan kali ini, pada buku ini dijelaskan mengenai audit internal namun pendekatan yang digunakan adalah audit berbasis risiko.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin melaju kencang. Dalam dunia audit pun harus terdapat perkembangan. Tidak bisa tuh iptek berkembang tapi cara pengujian kita atas suatu objek tetap. Tentu perkembangan yang ada harus menimbulkan fleksibilitas. Perusahaan-perusahaan mulai melakukan manajemen risiko juga melalui sistem yang ada. Maka dari itu muncullah pendekatan baru pada audit internal yang berbasis risiko. Auditor juga mulai merubah metodologi pengujian yang tidak hanya terfokus pada transaksi tapi juga terfokus dengan sistem yang ada. Itulah fungsi audit dengan pendekatan berbasis risiko.

Kembali pada buku ini, Mr.Tuanakotta sudah sangat baik dan jelas dalam memaparkan ilmu audit yang satu ini. Beliau tidak hanya menjelaskan tentang pengertian, tapi juga membahas teori yang ada berkaitan dengan topik yang diangkat, dan juga membahas kasus-kasus yang bersinggungan. Sangat baik dan membuka mata sekali isi buku ini. Untuk yang ingin belajar mengenai audit internal terutama dengan pendekatan berbasis risiko, buku ini sangat direkomendasikan untuk dipahami.

Terkait isi dalam buku sudah dipaparkan mengenai daftar setiap bab yang ada. Jujur, jika sedang mencari sebuah buku, aku selalu penasaran dengan isi buku tersebut terutama pada bagian daftar isinya. Menurutku daftar isi memiliki andil yang besar dalam menggambarkan isi sebuah buku. Biasanya beberapa toko buku online mencantumkan isi buku dengan daftar isi yang ada, tapi itu hanya minoritas. Cukup sulit menemukan di internet terutama pada toko online terkait isi dari sebuah buku dengan menuliskan daftar isi yang ada.

Jadii yaa cukup dulu pemaparan book review dari aku. Bukunya sangat direkomendasikan. Maaf jika ada salah kata, akan penulis sunting jika ada yang perlu ditambah.

Terakhir, ada banyak sekali kata-kata yang aku suka dari buku ini, diantaranya:

“Internal audit credibility and value are enhanced when auditors are proactive and their evaluations offer new insight and consider future impact.”

- IPPF Guidance Standard 2100

Tuanakotta, 2019:265



Komentar