#Artikel Sekilas Pengangguran di Indonesia


MASALAH PENGANGGURAN DI INDONESIA



Hasil gambar untuk unemployed tumblr

Indonesia adalah negara berkembang yang sedang membangun negerinya serta sedang menghadapi berbagai permasalahan, tantangan, dan ancaman ekonomi. Salah satu permasalahan, tantangan, dan ancaman ekonomi yang nyata di Indonesia ialah masalah pengangguran.
Dalam wikipedia Indonesia dijelaskan bahwa pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Sementara tingkat pengangguran adalah statistik yang mengukur persentase orang-orang yang ingin bekerja tetapi tidak mempunyai pekerjaan. Badan/biro yang menghitung tingkat pengangguran di Indonesia secara resmi adalah Badan Pusat Statistik. Tingkat pengangguran (unemployment rate) dapat didefinisikan sebagai persentase dari angkatan kerja yang tidak bekerja.
Alasan pengangguran menjadi salah satu permasalahan ekonomi di Indonesia dikarenakan pengangguran berperan penting dalam perhitungan pertumbuhan ekonomi seperti pendapatan perkapita, kemiskinan, dan berpotensi menimbulkan kriminalitas. Untuk itu pengangguran menjadi salah satu masalah pokok yang harus diatasi.

TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA
            Tingkat pengangguran terbuka adalah sebuah indikator untuk mengukur jumlah pengangguran di Indonesia. Sejak tahun 1986 sampai dengan 2017, angka TPT sangat dinamis. Seperti yang diberitakan sebelumnya, angka terendah dicapai tahun 2017 dengan angka 5,50%, sementara tertinggi mencapai angka 11,24% pada Agustus, 2005. Angka ini sangatlah fluktuatif. Berikut adalah data angka TPT dari Badan Pusat Statistik sejak tahun 2000 – 2017:
2000
 2001
 2002
 2003
 2004
2005
2006
2007
 Februari
 Agustus
 Februari
 Agustus
 Februari
 Agustus
                6,08
                8,10
                9,06
                9,67
                9,86
             10,26
             11,24
             10,45
             10,28
                9,75
                9,11

2008
2009
2010
2011
2012
 Februari
 Agustus
 Februari
 Agustus
 Februari
 Agustus
 Februari
 Agustus
 Februari
 Agustus
                8,46
                8,39
                8,14
                7,87
                7,41
                7,14
                6,96
                7,48
                6,37
                6,13

2013
2014
2015
2016
2017
 Februari
 Agustus
 Februari
 Agustus
 Februari
 Agustus
 Februari
 Agustus
 Februari
 Agustus
                5,88
                6,17
                5,70
                5,94
                5,81
                6,18
                5,50
                  5,61
                  5,33
                  5,50

Sesuai data yang didapatkan, bisa disimpulkan bahwa angka pengangguran sangat fluktuatif, namun tetap menghasilkan perubahan yang lebih baik hingga mencapai angka terendah seperti sekarang.

FAKTOR PERUBAHAN ANGKA PENGANGGURAN DI INDONESIA
Di Indonesia sektor industri terus dikembangkan. Baik produksi sandang, pangan, papan, dan ekonomi kreatif. Hal ini dikarenakan pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia yang semakin banyak yang mengakibatkan semakin banyak permintaan dari masyarakat, semakin banyak pula kebutuhan masyarakat Indonesia, semakin banyak hal yang harus diproduksi, maka semakin banyak pula tenaga kerja yang dibutuhkan. Lalu, dengan adanya teknologi dan globalisasi Indonesia pun semakin diuntungkan.
Banyak hal yang menjadi faktor perubahan angka pengangguran di Indonesia tersebut, diantaranya adalah:
1.    1. Munculnya E-Commerce, seperti Shop Online
2.    2. Munculnya Transportasi berbasis online (Ojek Online)
3.    3. Pembangunan pabrik-pabrik baru

Penjelasan singkat:
1.    Munculnya E-Commerce, seperti Shop Online
Dengan keberadaan electronic commerce (e-commerce) membuat semakin banyak orang yang menjadi wirausahawan tanpa modal yang cukup besar. Modal tempat dan perizinan dipangkas dengan adanya e-commerce ini. Sehingga, semakin banyak orang yang berbondong-bondong membuka usaha baru dengan toko online.
2.    Munculnya Transportasi berbasis online (Ojek Online)
Sesuai dengan berita BPS Sebut "Ojek Online" Mampu Tekan Angka Pengangguran” oleh Iwan Supriyatna yang dipublikasikan oleh Kompas.com pada tanggal 07/11/2016, disebutkan bahwa Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan salah satu faktor pendorong turunnya jumlah pengangguran yakni serapan tenaga kerja untuk ojek berbasis online cukup memiliki kontribusi ke penurunan jumlah pengangguran di Indonesia. “Betul, kalau dilihat kenaikannya terjadi untuk angkutan ojek motor, dan angkutan bermotor lainnya.” Ujar Suhariyanto di Jakarta, Senin (7/11/2016)
Dalam berita serupa yang dipublikasikan oleh media yang berbeda, yaitu antaranews.com, seorang Pakar Ketenagakerjaan, Titik Handayani, mengatakan “Dengan adanya ekonomi kreatif berbasis IT, maka konsumsi masyarakat meningkat karena adanya akses, kemudahan, dan cenderung lebih efisien. Jika konsumsi meningkat maka otomatis akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Di sisi lain meningkatnya demand terhadap produk akan menyebabkan industri memerlukan tambahan tenaga kerja, yang pada akhirnya berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja.”
3.    Pembangunan pabrik-pabrik baru
Indonesia terus meningkatkan produksinya di berbagai sektor produksi/manufaktur. Hal ini sesuai dengan yang dipublikasikan oleh berita Sindo News.com (Senin, 6 November 2017 dengan penulis Lily Rusna Fajriah), Deputi Bidang Statistik Sosial BPS M. Sairi Hasbullah menilai bahwa sektor industri manufaktur dan sektor perdagangan justru mengalami peningkatan tenaga kerja. “Nah, jadi mungkin ada semacam perlambatan daya serap di sektor konstruksi. Kalau dilihat datanya ada semacam stagnan daya serap di sektor konstruksi,” jelasnya.
Selain 3 hal tersebut, ada pula meningkatnya kesetaraan gender sehingga perempuan banyak yang memilih untuk bekerja daripada menjadi seorang ibu rumah tangga, musim panen yang mengakibatkan angka petani meningkat, dan lain sebagainya.

SOLUSI UNTUK MENGURANGI ANGKA PENGANGGURAN
            Untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia perlu didukung oleh sarana, prasarana dan lowongan pekerjaan. Sebagai solusi pemerintah dapat membantu dengan cara:
  • 1. Meningkatkan bantuan pendidikan supaya semakin banyak masyarakat Indonesia yang berpendidikan dan bisa mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai kompetensinya;
  • 2. Menambah lapangan pekerjaan pada sektor BUMN dan pekerja di Kementerian atau satuan kerja lainnya;
  • 3. Memberikan modal untuk calon pengusaha baru dengan mempertimbangkan kompetensi serta kemampuan calon pengusaha;
  • 4. Mengembangkan dan meningkatkan industri kreatif yang sedang melonjak;
  • 5. Memberikan motivasi dan kekuatan untuk mempertahankan industri kreatif tersebut;
  • 6. Membangun pasar modern yang bersih, supaya para pedagang dari masyarakat Indonesia terjaga keberadaannya dan tidak terancam oleh keberadaan supermarket/minimarket;
  • 7. Memberikan apresiasi atas keberhasilan seorang tenaga kerja, supaya menimbulkan motivasi kepada tenaga kerja lainnya.
  • 8. Mempertahankan lahan pertanian serta mengembangkan teknologi pertanian, seperti mesin-mesin pertanian, hidroponik, dan lain sebagainya.
Selain pemerintah yang berupaya untuk mengurangi jumlah penganggur di Indonesia, masyarakat Indonesia yang termasuk angkatan kerja juga perlu berusaha untuk mencari kesempatan dan lowongan pekerjaan tersebut. Masyarakat juga perlu menambah pengetahuan dan meningkatkan pendidikan supaya bisa bersaing dengan tenaga kerja lainnya bahkan tenaga kerja asing. Atau, angkatan kerja di Indonesia perlu berpikir kreatif, inovatif, dan kompetitif untuk menciptakan usaha bahkan lapangan pekerjaan baru.



KESIMPULAN
Pengangguran bukanlah hal yang mudah untuk dihapuskan namun bisa diminimalisir jumlahnya. Pengangguran bisa mengakibatkan kemiskinan, penurunan pendapatan perkapita, kemiskinan, dan berpotensi menimbulkan kriminalitas. Hal ini tentu bukanlah keinginan masyarakat dan pemerintah Indonesia. Hal yang diinginkan tentulah kesejahteraan.
            Banyak hal yang mendasari perubahan angka pengangguran di Indonesia. Faktor yang sangat mempengaruhi di era modern ini adalah adanya globalisasi dan internet. Masyarakat bisa mencari dan mendapatkan pekerjaan melalui internet. Bahkan, bisa membuka toko online dan memfasilitasi transportasi melalui media online.
Sementara itu, pemerintah memiliki andil yang cukup besar untuk mengurangi pengangguran dengan beberapa cara, yaitu meningkatkan bantuan pendidikan supaya semakin banyak masyarakat Indonesia yang berpendidikan dan bisa mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai kompetensinya, menambah lapangan pekerjaan pada sektor BUMN dan pekerja di Kementerian atau satuan kerja lainnya, memberikan modal untuk calon pengusaha baru dengan mempertimbangkan kompetensi serta kemampuan calon pengusaha, mengembangkan dan meningkatkan industri kreatif yang sedang melonjak, memberikan motivasi dan kekuatan untuk mempertahankan industri kreatif tersebut, membangun pasar modern yang bersih, supaya para pedagang dari masyarakat Indonesia terjaga keberadaannya dan tidak terancam oleh keberadaan supermarket/minimarket, memberikan apresiasi atas keberhasilan seorang tenaga kerja, supaya menimbulkan motivasi kepada tenaga kerja lainnya, dan mempertahankan lahan pertanian serta mengembangkan teknologi pertanian, seperti mesin-mesin pertanian, hidroponik, dan lain sebagainya.
Walaupun begitu, peran paling penting tetaplah masyarakat Indonesia. Alasannya karena yang sejatinya mencari kesejahteraan adalah masyarakat Indonesia. Peran pemerintah hanyalah memfasilitasi sarana, pra-sarana, dan lowongan pekerjaan. Masyarakat Indonesia harus sadar akan pentingnya pekerjaan dan pendidikan. Jika memungkinkan untuk membuat lowongan pekerjaan baru, maka bangunlah dan usahakan. Karena sejatinya, sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain untuk tercapainya kesejahteraan.


DAFTAR PUSTAKA
Antaranews.com | https://www.antaranews.com/berita/595232/ojek-online-bantu-turunkan-pengangguran
Badan Pusat Statistika | https://www.bps.go.id/statictable/2014/09/15/981/tingkat-pengangguran-terbuka-tpt-menurut-provinsi-1986---2017.html
Detik.com | https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3715236/pengangguran-di-ri-bertambah-10000-jadi-704-juta-orang
Indonesia Investments.com | https://www.indonesia-investments.com/id/keuangan/angka-ekonomi-makro/pengangguran/item255
Kompas.com
https://ekonomi.kompas.com/read/2016/11/07/175237426/bps.sebut.ojek.online.mampu.tekan.angka.pengangguran
https://www.kompasiana.com/intan10/mengurangi-pengangguran-dengan-lulusan-pendidikan-tinggi_57fda56ae222bd0f09f1d3ee
Sindonews.com | https://ekbis.sindonews.com/read/1254956/34/ini-penyebab-jumlah-pengangguran-di-ri-meningkat-1509959826
Wikipedia | https://id.wikipedia.org/wiki/Pengangguran

Komentar