My First Try to have Scholarship for President University (Sharing Session)

hallau gais!

kali ini aku mau share sedikit tentang Scholarship Test for President University.


First... President University ini baaaanyak banget positive things-nya dan hal-hal unik. Mulai dari International course yang belajar dan membiasakan diri dengan bahasa Inggris, temen-temen kampus yang dari berbagai negara, keluar universitas dapet double degree, dan kuliah cuma 3 tahun setengah! Kok bisa sih 3 tahun setengah? Jadii kuliahnya tuh 10 semester, tapi 1 semester tuh cuma 4 bulan. Sooo singkat! uwow

Di hari H, aku pergi pagi-pagi buta karena jarak antara rumah dan tempat ujian cukup jauh, long distance morning trip. Pas udah sampai di tempat ujian, kakak-kakak dari PU datang menyambut kita dengan baaaik banget. Sebelum masuk ruangan, disana ada kurang lebih 30-50 orang. Awalnya aku kira yang ikut ujian cuma orang Bandung aja, atau yaa kalau jauh juga masih Jawa Barat. Eh taunya, saat aku kenalan sama anak yang duduk di sebelah aku, dia dateng jauh-jauh dari Tegal buat coba test scholarship PU. Alasannya karena yang di Semarang, test scholarshipnya udah kelewat. Perjuangan memang. PU emang worth it sih kata aku.

Di dalam ruangan, kita gak langsung tes. Tapi, kakak-kakak cogan dan cantik dari PU jelasin dulu ada apa aja di President University, kenapa kita harus milih PU buat masa depan kita, program apa aja, organisasi sama kegiatan apa aja disana, terus kalau ospek kayak gimana, dan how we survive disana dengan culture yang beragam. Kalau mau tau jawabannya, langsung coba tes aja yah. hehehe.

Terus udah pengenalannya, kita semua tes. Tesnya gak seribet yang kita pikirkan. Waktu itu karena aku ambil jurusan "Law" or a.k.a. Hukum, aku cukup test psikotes sama tes bahasa inggris. Tapi kalau misalnya kamu pilih yang Science kayak tekhnik, kamu ada tambahan test matematikanya.

Tes psikotesnya gimana?
Ini nih yang unik. Tes psikotesnya pake bahasa Inggris. Tapi jangan takut, soalnya kalau udah biasa bahasanya gak susah kook. Bahasanya masih banyak yang familiar. Usahain sering latihan aja kalau bisa.

Tes bahasa inggrisnya gimana?
Kayak test toefl gituu, especially grammarnya.

Tes matematikanya gimana?
Walaupun aku gak ngisi tes matematika, tapi aku liat-liat soalnya karena aku juga dapet... sebenernya kalau dicerna dengan baik, soalnya gak susah kalau kamu suka ngitung dan dicoba dulu. Rintangan kamu tuh matematika pake bahasa inggris. Thats it.

Waktu itu berkas yang disiapin apa ajasih?
Waktu tahun aku sih bawa form nya, fotokopi rapot, sama sertifikat-sertifikat gituu.

Hasilnya gimana?
Hasilnya kurang lebih seminggu udah ada di website yang waktu kamu lengkapin form. nanti disitu ada letter gitu kamu lulus apa nggak dan dapet beasiswa yang berapa persen.

Ohhya kita dikasih waktu buat ngerjain soal cukup panjang, yaaa emang gak selama firaun mencari cinta.. tapi lumayan lah buat yang Social itu 2 jam karena gak ada matematikanya. Kalau yang Science kayak tekhnik itu 3 jam.

Anyway, kalau dapet beasiswanya kalian bakal dapet letternya kayak gini:



Kurang lebih kayak gitu yang bisa aku ceritain.
Thankyou udah baca sharing-nya tentang scholarship test President University

if u want to ask something, just comment or email me: urfirihhadatul@gmail.com

^^

Komentar

  1. Haaaaaa.... Bagus blog nyaaaa 😭

    Eh jadi kamu tuh dapet beasiswa nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih had! iyaa alhamdulillah dapet :)

      Hapus

Posting Komentar