Lintas Jurusan SBMPTN 2017, Siapa Takut?! (Sharing Tips & Trick)

Haii gaiis!!!

Kali ini aku mau share tentang anak IPA yang survive lintas jurusan dari IPA ke IPS.


Ribuan...belasan ribu..atau mungkin puluhan ribu anak IPA pindah haluan ke IPS. Katanya sih kebanyakan cuman jalani aja jadi anak IPA, tapi kimia, fisika, atau biologinya gak ada yang nyangkut.. apadaya, hati di ranah sosial.

Gara-gara hal itu, anak IPS banyak ngeluh anak IPA ngambil lahan jurusan kuliah mereka lewat SBMPTN atau Ujian Mandiri. Tapi, anak IPS gak perlu takut sama anak IPA yang cuma hitungan bulan atau hitungan minggu belajar IPS yang baaanyak banget. Kalian para anak sosial sejak 3 tahun yang lalu udah belajar geografi, sosiologi, ekonomi, dan sejarah. Jadi kalian tuh sebenernya lebih mantap daripada kami yang pindah haluan..

Yaa... kami... karena aku juga...

Aku.. anak IPA yang sejak awal semester 1 nyebrang ke IPS. Bahkan, *cerita sedikit* pas awal kelas 12 aku sempet les di suatu tempat, ambil program sbmptn saintek. Tapi setelah 2/3 bulan aku keluar tempat les karena mau ambil Ilmu Hukum sama mau les bahasa Inggris aja. Keputusan ini aku ambil setelah berhasil diterima di President University dan aku gak nyesel atas keputusan yang telah aku ambil walaupun masih ada ujian nasional IPA yang harus dihadapi. 

Balik lagi soal lintas jurusan...
Kalau kalian punya tekad, kalau niat kalian udah sekuat baja, usaha kalian lebih tinggi dari langit, dan semangat kalian mengalahkan semangat mentari pagi menyinari bumi, semesta dijamin bakal mendukung usaha kalian. Inget, MESTAKUNG.. semesta mendukung. Jangan lupa juga... do’a sama restu orang tua yang paling utama.

Buat yang lagi usaha ngejar soshum dadakan, especially temen-temen IPA... kuatkan TKPA kalian. Dulu strategi utamaku buat masuk Ilmu Hukum adalah... TPA dan matdas, karena jujur bahasa ku masih rada ngaco sedikit, jadi aku gak forsir di bahasa. Tapi buat kalian yang suka bahasa, kuatkan!!

Aku setuju sama anak sosial yang bilang... anak IPA lolos sbmptn soshum gara-gara TPA dan matematikanya... ya bener gais.. tapi anak IPA juga harus belajar geografi, sosiologi, sejarah, dan ekonomi buat ngehantam kalian. Karena TPA sama matdas dan bahasa doang gak cukup. Tapi... sekali lagi, anak sosial gak usah takut karena rata-rata (kebanyakan) kami cuma bisa jawab bener 5-8 soal tiap pelajaran. #bukanriset #kataorang

SAATNYA SHARING YANG BENERAN SHARING

Waktu sbmptn kemarin karena aku sedikit tidak percaya diri (read: realistis), aku pilih Ilmu Hukum UNPAD pilihan 1, Ilmu Hukum Universitas Brawijaya pilihan ke 2, dan pilihan terakhir Ilmu Hukum UNSOED. Nekat emang maksa banget pengen ilmu hukum, gamautau pengen hukum.

*iklan sedikit*
Tips milih PTN buat SBMPTN (beda ya sama SNMPTN & Ujian Mandiri)
Pilihan 1: Isi PTN dan jurusan idaman yang dicita-citakan.
Pilihan 2: Isi realistis sesuai nilai/passing grade TO yang didapat
Pilihan 3: Super realistis, ambil sepait-paitnya tapi yang bakal betah dijalanin.
*iklannya udahan*

Kenapa ilmu hukum? Karena suka banget pkn, dan ilmu pemerintahannya. Suka banget sama struktural pemerintah dan undang-undang. Ingin membenahi dan siap membela kebenaran. Siap menuntut orang-orang yang bersalah. Siap untuk membela para WNI di negeri orang yang terkena kasus-kasus menyakitkan. Sasaran utama aku adalah... hukum internasional. Anyway, walaupun aku gak suka banget ngapalin, tapi demi Undang-Undang aku rela hapalin banyak pasal. Gahaha. Skip.

Alhamdulillah geng, dapet pilihan 1, Hukum UNPAD :)

Balik lagi soal linjur...

TIPS&TRICK PASARAN BUAT ANAK LINJUR

Sering kali yah diceritain gimana sih lintas jurusan. Tapi disini aku bakal kasih yang bener-bener-bener pengalaman pribadi. Selain buat menghapal kisah perang dunia, hal ini juga bisa dipraktikkan buat tips belajar dan ngapalin rumus.

1. Ngerangkum
Inimah jelas, apalagi buat anak visual. Ngerangkumnya yang rapi yah, kalau bisa warna-warni makin bagus.

2. Nyicil rangkuman
Kalau persiapan dari awal semester 1, kita bisa nyicil tiap minggu satu pelajaran dua bab. Contohnya bulan November minggu pertama kita nyicil geografi, minggu kedua nyicil sejarah, minggu ketiga nyicil ekonomi, minggu keempat nyicil sosiologi. Dengan kayak gitu, di hari senin-jumat kita bisa belajar IPA untuk persiapan ujian-ujian, dan sabtu-minggu siapin SBMPTN sejak dini.

3. Tempel gambar/skema di kertas rangkuman atau di dinding
Kalau di kertas dipinggir rangkuman biar bisa dibawa-bawa boleh. Kalau mau tempel di dinding juga boleh, apalagi di toilet.... boleh banget. Itung-itung sambil mandi kita ngapalin. Wkwkwk.

Dinding penuh sama pelajaran? Siapa takut?!

Contoh yang bisa di tempel: Gambar-gambar peninggalan masa prasejarah, bentukan manusia purba (Sejarah), daur/skema/siklus kayak siklus air, jenis-jenis hujan, awan, dan hutan (Geografi), jenis-jenis pasar atau uang (Ekonomi).

4. Mind map buat yang suka bikin dan kreatif.
Mind mapnya aku tempel di dinding.

5. Kerjain soal sampe ratusan bahkan ribuan soal
Kalau masih awal-awal kita cukup cicil minimal 10-20 soal sehari.. kalau udah H-30 atau setelah UN, kita usahain sampe 100-200 atau lebih soal tiap hari. Kan kita udah belajar materinya dari dulu-dulu, jadi H-30 tinggal dibuat mantap aja pake soal-soal. Soal-soal bisa kita dapat dari buku atau download karena udah banyak yang berkeliaran di internet.
Recommended book: Wangsit & The King SBMPTN (bcs I used it) #noendorse

6. Nonton Youtube
Paling ngena sih yang ini. Waktu belajar sejarah, aku download banyak banget video sejarah dari yang zaman mesopotamia, yunani, romawi, amerika kuno, sampe zaman orde baru yaa aku belajar dari video. Banyak-banyakkin sumber juga. Banyak banget loh video sejarah, ekonomi, geografi, dan sosiologi yang disebar bebas secara free di youtube. Berguna banget.

7. STRATEGI WAKTU
Waktu awal-awal, karena harus nyiappin UN, selain ngerangkum tiap sabtu-minggu, aku belajar matematika dan bahasa sekalian belajar UN sampe TOTAL! Sekali lagi... TOTAL.. Lagian kalau kita perhatikan *ceilah perhatian* soal matematika dasar sbmptn hampir sejenis/selevel sama ujian nasional matematika. Jadii ibaratnya beli satu dapet dua(?). *cerita lagi* Alhamdulillah waktu sbmptn aku bisa ngerjain 12 soal matdas, dan 42 soal TPA yang ntah bener apa nggak.

PS. Jangan sia-siain waktu kalian. Boleh kok istirahat. Tapi ya kalau bisa berbanding lurus aja sama belajarnya. Semakin giat kamu main, semakin pengen kamu main, semakin giat juga usaha dan belajar kamu biar yaa seenggaknya kebales waktu yang kamu pake. Tapi buat anak yang bisa main seminim mungkin, taruh permainan kalian buat 3 bulan di akhir setelah sbmptn. Percayalah, setelah tau lolos sbmptn, mau lo guling-guling sambil main dota, mau lo nyesot-nyesot nongkrong sana-sini, mau lo tengkurep sampe bulukan, lo bebas dan lo tenang.

8. Jangan gengsi belajar pelajaran kelas 10
Balik lagi belajar pelajaran kelas 10 atau bahkan pelajaran SMP buat mantepin dan biar ngerti gapapa kok. Itu bagus sih biar lo ngerti banget. Kalau kamu malu, cukup kamu dan Tuhan aja yang tahu apa yang kamu pelajari.

9. Jangan males ikut Try Out online atau offline
Tiap ada try out online (apalagi yang gratisan dan cuma share sana-sini) usahain ikut. Kalaupun paitnya soalnya gak menantang, at least kamu inget-inget apa yang udah dipelajari. Kalau dapet soal yang ekstrim dan menantang kamu harus bersyukur dikasih waktu buat pelajari materi yang sulit.

Selain buat ngasah kemampuan dan melatih diri, ini juga bisa buat ngukur diri. Kita udah sampe mana belajar, masih ada yang kurang apa nggak, materi ada yang kelewat apa nggak... inget... kita gak tau dari 15 soal soshum mana yang bakal keluar dari banyaknya materi.

Kalaupun try outnya bayar... ya gak apa-apa daripada nanti kurang persiapan.
Buat yang gak les (kayak yang nulis) usahain ikut try out terus ya! jangan bosen! Banyak kok penyelenggara try out... wangsit, susbm, quipper, dan lainnya. #noendorse

10. Tidur cukup, makan cukup, minum banyak
Usahain, tiap belajar perut udah penuh, tapi jangan sampe kekenyangan dan ngantuk. Usahain juga tiap belajar ada satu gelas air putih di atas meja. Air ini baik buat memperlancar peredaran darah ke otak yang buat otak bekerja lebih optimal.... kalau gak salah sih gitu yah. Sering pipis gapapa lah sekalian cuci muka biar gak ngantuk.

11. Gak usah stalking pelajaran baru di H-7, cukup menatap masa lalu.... (read: baca rangkuman)
Maksudnya adalah... jangan nambah informasi.. cukup udah cukup. Tjoekoep! Pas tujuh hari menjelang ujian SBMPTN usahakan cukup buka rangkuman dan gambar-gambar yang udah ditempel aja. Ini lebih baik daripada nambah informasi atau nambah pelajaran yang baru. Kan lo udah nyicil dari beberapa bulan yang lalu... so yaudah. Nambah informasi cuma bisa bikin otak lo panik.

12. Do’a dan restu orang tua yang utama
Jangan sombong sama Tuhan, minta yang terbaik, minta jalan yang terbaik, minta dipermudah dan dilancarkan. Minta maaf juga sama Tuhan kalau kita sering khilaf. Minta maaf juga sama orang tua. Minta restunya, do’anya, dengarkan juga aspirasi dan inspirasi dari mereka. Usahakan jangan cari masalah sama Tuhan, orang tua, masyarakat, dan diri sendiri yah ^^

Kalau kalian gak minta sama Yang Maha Kuasa, kalian bisa dibilang sombong. Kalau kalian cuma modal usaha, kalian bisa dibilang percuma-_-. Yaa.. harus balance antara do’a dan usaha.. ikhtiar dan tawakkal.. Untuk yang muslim mari kita menunaikan shalat sunnah tahajjud, duha, hajat, dan shalat sunnah lainnya.

Buat hasil... mau lolos atau nggak, mau ngejeblos ke ptn impian atau ptn pilihan 3... insyaAllah itu adalah rencana Allah Swt. yang terbaik. Mungkin gak akan keliatan selama 3 bulan pertama.... tapi kalau udah dijalanin, pasti ada hikmahnya.

Buat kalian yang gapyear, jangan gengsi karena persiapan kalian buat sukses lebih matang.

Buat kalian yang gak lolos, jangan lupa coba ujian-ujian dan beasiswa ke luar negeri. Banyak banget yang gak lolos di Indo tapi ditakdirkan lolos di luar negeri, apalagi buat kalian yang super jenius tapi anehnya gak lolos sbmptn atau ujian mandiri, jangan kehabisan ide dan rencana.

Buat kalian yang lolos, mari berbagi sama teman-teman dan adik kelas sebagai bentuk syukur dan motivasi bersama. Inget gak dulu kita juga nyari-nyari informasi blog ini blog itu... baca ini itu.. cari info ini itu buat manteppin tujuan.

Buat kalian yang mau linjur... aku harap kalian mateng dan belajar sebelum semester 2 yah... karena belajar waktu semester 2 udah gak efektif dengan jutaan ujian menerpa.

Terima kasih banyak yang udah baca. Semoga bermanfaat dan berkah buat semuanya!

See you later on my another post!

Ps.Walaupun pada akhirnya aku nggak berada di tempat impianku, tapi alhamdulillah aku berada di tempat yang Allah pilihkan. Semoga tujuan, cita-cita, dan impian yang telah tertulis disini terwujud ya. Aamiin.
Pss. Sumpah ini panjang banget.

Komentar