Tips Belajar Selama Pandemi Di Rumah, Gimana Tuh?

 

Haiii

Assalammualaikum pembaca!

Di masa yang mengharuskan kita di rumah aja, kita jadi harus melakukan segala hal di rumah. Dari mulai ngopi, kerja, dan sekolah. Nggak ada tuh dalam kamus nongkrong-nongkrong cantik disaat angka positif Covid19 di Indonesia hampir mencapai 5.000 per hari.

Walaupun ada pandemi dan di rumah aja, cita-cita harus tetap dikejar dan waktu terus berjalan. Nggak ada juga tuh pandemi jadi alasan susah belajar dan cita-cita harus bye.

Beberapa orang mungkin sedikit kelelahan dan kebingungan gimana sih cara belajar selama pandemi di rumah karena di masa-masa ini nggak ngerasain diajarin langsung dan dipantau sama guru. Disaat sekolah online melalui platform seperti zoom, google classroom, google meet, dan whatsapp group, nggak bisa kepantau tuh mana yang bener-bener serius belajar dan mana yang belajar terus ketiduran. Sebenarnya ini merupakan salah satu masalah dari sekolah online selain kehilangan figur nyata seorang guru yang mencontohkan dan mengajarkan materi maupun karakter di sekolah.

Tapi walaupun ada masalah pendidikan serta pengajaran harus tetap dilaksanakan. Hingga akhirnya kesadaran sendiri muncul pada siswa dan orang tua bahwa pendidikan itu penting dan harus dilakukan dengan serius. Serius belajar di rumah sendiri butuh dukungan penuh dari orang tua untuk memotivasi anaknya supaya tidak lengah dan malas belajar.

Lalu gimana sih caranya supaya belajar tetap serius dan bisa masuk ke otak?

1. Luangkan waktu untuk fokus belajar selama jam sekolah berlangsung

Walaupun sulit tapi waktu belajar ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan fokus. Kuncinya adalah fokus. Kalau bisa sih social media off dulu deh kayak instagram, twitter, dan tiktok dimatiin dulu notifnya supaya tidak mengganggu pikiran dan belajar. Sedikit aja keganggu pikirannya, ucapan guru kalau lagi ngajarin pas jam sekolah kayaknya nggak akan masuk deh... soalnya nggak fokus. Kan sayang waktunya jadi terbuang percuma kalau nggak fokus dengerin.

2. Review, rangkum, dan latihan soal diluar jam sekolah

Nah kalau diluar jam sekolah ini sama kayak belajar abis pulang sekolah. Sebenarnya hal ini yang akan membedakan mana anak yang serius belajar dan memahami pelajaran selama jam sekolah berlangsung. Coba deh di-review lagi apa ajasih yang gurunya ajarin, kalau bisa sambil ngerangkum dan latihan soal.

----- "Aku pengen latihan soal tapi kalau gak ada latihan soal gimana kak?"

Saran aku, kalau dicari di internet udah nggak nemu, coba dulu platform geschool atau coba buat pertanyaan sendiri dan jawab sendiri. Maksudku adalah di materi nya dilihat terus bikin pertanyaan dan jawabannya. Atau kalau orang tua dan saudara free sih bisa minta tolong tanya jawab dan dibuatkan pertanyaan ^_^

3. Banyak minum air putih, buah, sayur, dan makan-makanan berprotein

Ini menurutku ngaruh banget sih terutama air putih dan makanan berprotein.

4. Jangan malu bertanya pada guru atau kakak kelas

Nah ini, pertanyaan bisa diajukan saat jam sekolah berlangsung atau diluar jam sekolah. Kalau misalnya mau nanya diluar jam sekolah chat aja gurunya dengan sopan lalu tanyakan permasalahan kita. Sudah jadi kewajiban guru untuk membantu muridnya dalam belajar, itukan tugasnya mendidik muridnya supaya muridnya paham sampai ke akar-akar.

Jangan malu. Udah gak zaman sekarang malu bertanya. Ayok yuk bisa belajar percaya diri :)

5. Jangan ketiduran. STAY AWAKE!

6. Kerjakan seluruh tugas dan PR dengan serius. 

Kalau soalnya udah susah jangan malu bertanya dan mencari tahu. Internet udah terbuka lebar dan bebas. Atau bisa juga nih langsung tanya teman atau guru yang terpercaya.

7. Menonton video pembelajaran melalui youtube atau platform lain seperti Khan Academy dan lainnya.

Yuk semangat yuk, udah banyak kok media pembelajaran terutama melalui video yang menarik di tonton.

-----------------------------------------------------------

Kalau tips tadi menurutku lebih relevan untuk kakak-kakak yang sudah SMP dan SMA yang punya kesadaran sendiri tentang fokus belajar dan meraih cita-citanya. Gimana nih kalau adik-adik kita yang masih SD?

Dari pandanganku adik-adik yang masih SD membutuhkan peran orang tua, keluarga, saudara, ataupun kakaknya (jika ada). Orang tua dan keluarga harus aktif membantu...

1. Update jadwal anak/adiknya

2. Update tugasnya

3. Update PR nya, dan 

4. Update apa yang diajarkan oleh gurunya.

Dalam hal ini orang tua harus dengan sabar dan ikhlas mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan anaknya tentang apa yang diajarkan oleh gurunya di sekolah. Jika sebuah sekolah tidak menggunakan platform meeting seperti zoom dan google meet, maka orang tua harus belajar untuk mengajarkan anaknya materi di sekolah. 

Tips dariku untuk moms dan papah-papah yang sedang berusaha mengajarkan si kecil belajar:

1. Cobalah ajarkan anaknya mampu memanajemen waktunya dengan tegas kapan ia harus belajar. Misalnya orang tua menegaskan bahwa jam 07.30 sampai jam 12.00 adalah waktu khusus untuk sekolah. Jangan lupa waktu istirahat yaa moms 20/30 menit.

2. Ajarkan anak mampu membaca buku pelajaran dan senang dengan pelajaran yang ditekuni. Ini akan sulit tapi akan worth it! 

3. Temani dia saat dia berproses, jawab pertanyaan dengan ceria serta usahakan selalu sabar dan tidak mengeluh. Sudah menjadi kewajiban orang tua juga mendidik anaknya bukan? Inilah saatnya mendidik dan mendekatkan diri dengan anak secara intens. Para mamah dan papah harus extra sabar nih ngajarinnyaaa :)

4. Pertanyaan yang sulit analogikan dengan kehidupannya sehari-hari. Gunakan barang, nama, dan benda yang ia senangi sebagai perumpamaan. Misalnya dalam menghitung pertambahan, pengurangan, dan perkalian.

5. Aktif bertanya dan konsultasi pada gurunya jika terdapat kesulitan atau hambatan.

-----------------------------------------------------------

Masa-masa pandemi ini adalah masa yang sulit. Seluruh kegiatan harus dilakukan di rumah. Anak-anak terpaksa tidak bertemu guru dan teman-temannya di sekolah. Orang tua pun harus kerja sembari mengurus dan memantau anaknya belajar di rumah. 

Semuanya mungkin sulit, tapi dengan berproses inshaaAllah akan jadi berkah. Semoga juga menjadi ibadah karena belajar dan mengajarkan adalah kegiatan baik yang tidak akan pernah sia-sia. Semoga juga hubungan menjadi lebih baik. Tetap utamakan kebahagiaan dan keceriaan saat sekolah berlangsung, ajarkan bahwa belajar apapun, kapanpun, dan dimanapun adalah menyenangkan.

Semoga tulisanku kali ini bermanfaat, semoga cita-cita dan impian teman-teman serta adik-adik kita dapat terwujud karena usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Wassalammualaikum wr.wb.

Komentar