Kuliah Seru di PKN STAN

 

Assalammualaikum semuanyaa :)

Halo pembacaaaa!

Jadii kali ini aku mau cerita tentang pengalamanku semasa kuliah di STAN yang katanya anak kampus Jurangmangu ini hobi belajar. Aku bisa mengatakan itu karena stigma teman-teman sekolah yang kalau ditanya anak-anaknya di STAN kayak gimana, katanya ambis-ambis, belajar terus, dan pendiem. Hmmm benarkah?

Tidak bisa disalahkan stigma yang katanya anak STAN itu suka belajar, karena kewajiban terbesar seorang mahasiswa yaa kuliah dan belajar. Namun, di STAN juga kami ada kegiatan-kegiatan lain kok selain belajar.

Selama aku kuliah di STAN tiga tahun ada banyak sekali kegiatan non akademis seperti organisasi, kepanitiaan, dan acara kompetisi non akademis. Okeiii kita kupas satu-satu yaaaa.

Organisasi di STAN yang cukup besar ada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Legislatif Mahasiswa (BLM), Badan Audit Kemahasiswaan (BAK), Himpunan Jurusan, Organisasi Keagamaan, Organisasi Pencinta Alam (STAPALA), STAN English Club (SEC), dan organisasi lainnya. Enggak cuma itu, ada juga loh organisasi basket, tari daerah (Sabdanusa), teater, modern dance (ayey!), catur, silat, pusat studi (yang mengkaji tentang teori dan kebijakan sih ini biasanya akademis buat lomba gitu), olimpiade akuntansi, organisasi sosial, pecinta Anime, pecinta sinematografi, fotografi, dan apalagi yaa banyak deh pokoknya sampai puluhan. 

Ohhyaa di kampus STAN juga karena mahasiswanya sangat beragam dari Sabang sampai Merauke, dari Aceh sampai Papua, maka ada juga organisasi daerah. Organisasi daerah ini biasanya ngadain acara-acara seru juga.






Oke kembali ke topik,

Banyak banget kan organisasi pendukung kuliah di STAN? Acaranya juga gak kalah banyak dan seru loh! Setiap tahun biasanya ada acara yang namanya Elkam Fest (Elemen Kampus Festival) nah biasanya tiap tahun diadakan di awal periode perkuliahan buat ngenalin organisasi-organisasi yang ada ke mahasiswa baru di STAN. 

Selain ElkamFest yang seru banget juga ada acara Festival Budaya. Nah di Festival Budaya (Fesbud) ini biasanya ada perlombaan antar daerah, Putra Putri Daerah (kayak Putra Putri kampus gituu), dan ada sehari dimana setiap organisasi daerah yang terdaftar bikin kayak bazaar gitu jadi per daerah ada stand-nya untuk mengenalkan ragam daerahnya kayak makanan dan budayanya gitu. Seruuu banget apalagi stand/bazaar nya dihias menyerupai rumah adat dan ala-ala daerahnya gituu. Terus orang-orang juga ada yang memakai pakaian daerah. Ohhyaa ada acara juga dimana seluruh peserta menggunakan baju daerah dan itu seru banget!!!!

Ada lagi nih acara kampus yang gak boleh sampai dilewatkan yaitu PEKMA atau Pekan Mahasiswa dan BEM CUP! BEM CUP itu acara lomba-lomba olahraga antar jurusan, sementara Pekma acara lomba antar jurusan yang lebih luas. Nggak cuma olahraga, tapi seni dan akademik juga dilombakan di acara Pekma. Setauku beberapa lombanya ada olahraga basket dan voli, ntuk seni ada lomba sinema dan fotografi antarjurusan, dan akademis biasanya cerdas cermat dan paper gitu sih, sebenernya lebih banyak tapi yang aku ingat diantaranya lomba-lomba itu. Lomba antar jurusan ini bisa dibilang salah satu acara kompetisi besar di STAN. 

Setiap lomba olahraga biasanya ada supporteran yang meramaikan suasana kampus. Hal ini bisa jadi penguat dan bonding untuk anak-anak setiap jurusan sambil mendukung jurusan tercintanya. Fyi, tentang supporteran di STAN ada warna identitas yang digunakan. Di STAN ini ada 4 jurusan besar yaitu Akuntansi, Pajak, Bea Cukai, dan Kebendaharaan Negara. Setiap jurusan punya ciri khas dan kepribadiannya masing-masing. Terus setiap jurusan punya warna masing-masing sesuai dengan warna kalung yang dipakai (identitas). Kalau Pajak warnanya kuning, Akuntansi hijau, Bea Cukai biru, dan Kebendaharaan Negara merah. Misalnya nih supporteran di Student Center, nah di satu sisi biasanya tiap jurusan bawa peralatannya tuh untuk mendukung dan memakai warna identitas jurusan.

Ohhyaa opening dan closing dari acara-acara di STAN juga heboh banget loh dan biasanya closing mengundang artis dan band. Pokoknya closing acara besar kayak Pekma dan Festival Budaya biasanya ngundang guest star gitu. Selama aku kuliah di STAN yang aku ingat pernah ngundang The Changcuters, Ten 2 Five, Vierra, dan lainnya. Ohhya Kahitna juga pernah jadi guest star tapi di acaranya Ikanas yang nanti mungkin bakal aku ceritain.

Tentang kepanitiaan, btw apasih kepanitiaan itu? Nah acara besar tadi dan acara-acara lainnya kan pasti nggak cuma butuh yang dateng tapi juga butuh yang mengorganisasikannya alias panitia. Panitia yang mengorganisasikan acara ini biasanya diseleksi dengan wawancara. Jadi panitia ini bakal sibuk buat membuat acara di STAN menjadi terwujud. Itulah kepanitiaan. Nggak cuma Festival Budaya, Elkamfest, dan PEKMA, tapi acara per jurusan juga ada. 

Untuk cerita kuliah di PKN STAN dengan kegiatan non akademis seperti organisasi dan kepanitiaan mungkin segitu dulu. Jadi stigma tentang anak STAN yang katanya belajar doang tuh sebenernya nggak bisa dibilang bener juga sih karena di dalam STAN juga banyak organisasi dan kegiatan non akademis yang ada dan didukung oleh lembaga. Sebenarnya hal itu balik lagi ke prinsip dan keinginan masing-masing individu untuk mengikuti kegiatan mahasiswa selain belajar atau nggak. Tapi fyi di STAN ada yang namanya SKPM kayak point keaktifan mahasiswa gitu yang harus dipenuhi untuk kelulusan.

InshaaAllah akan aku share pengalaman dan cerita lainnya yang nggak kalah seru dan yaaaap see you later! Terima kasih telah membacaa semoga bermanfaat yaa :)

Boleh dong share foto lagi hihihihi













Kuliah di STAN
Kuliah di PKN STAN
Organisasi PKN STAN
Kepanitiaan PKN STAN

Komentar