Rasanya Wisuda (Online)


Haloo!
Assalammualaikum semua!

Malam ini aku mau cerita nih tentang wisuda (online) ku yang baru saja dilaksanakan 14 Oktober 2020. Setelah 3 tahun berkuliah di jurusan akuntansi PKN STAN, alhamdulillah akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun telah selesai. Melalui 12 kali ujian (6x UTS dan 6x UAS) yang cukup berat menurutku dengan tekanan drop out dan lingkungan yang kompetitif membuat mental dan ilmu pengetahuan ku diasah abis-abisan. Momen wisuda pun menjadi penantian berarti sebagai garis finish perjuangan ku menuntut ilmu di kampus ini. Walaupun begitu pada dasarnya berjuang menuntut ilmu tidak akan pernah ada habisnya sampai akhir hayat.

Saat pandemi beberapa bulan yang lalu sekitar bulan Juni-September banyak temanku bertanya, "kapan wisuda fi?" dan pertanyaan "wisudanya gimana? kan lagi corona", yaaa mau tidak mau aku menjawab "online deh kayaknya" lalu mereka (termasuk aku) mempertanyakan hal yang sama, "WISUDANYA KAYAK GIMANA KALAU ONLINE???" hehehe aku bold karena banyak banget yang nanyain itu dan itupun topik utama tulisan kali ini.

Awalnya aku cuma kepikiran "ohh online, kayaknya pakai zoom atau platform sendiri, atau live di youtube" sebatas itu. Ternyata dari awal banget sekitar bulan Juli panitia wisuda kampus ku sudah membuat grup khusus informasi wisuda yang dibimbing dan dipandu oleh seorang panitia. Jadi setiap kelas difasilitasi satu orang panitia yang akan memberikan informasi terpusat sehingga diharapkan tidak ada wisudawan yang tidak mengetahui informasi detail mengenai wisuda dan tidak ada informasi yang salah.

Sejak awal panitia aktif memberikan informasi mengenai sistem wisuda, website wisuda, dan public hearing wisuda. Panitianya juga ramah dan fast respon. Salut aku dengan kecepatannya membalas pesan karena yaap tidak semua orang memiliki kemampuan itu. Panitia dengan sabar menjawab pertanyaan calon wisudawan dan memberikan segala informasi yang dia ketahui. Jika di pc juga panitianya ramah dan fast respon. Pokoknya salut deeehhh!

Oke lanjut, jadi setelah ada grup whatsapp juga ada sistem wisuda yang dinamakan siwi. Sistem siwi ini merupakan sebuah website yang dibangun oleh panitia wisuda. Setiap calon wisudawan yang ingin login bisa login dengan username dan password yang diberikan. Di dalam sistem tersebut terdapat data wisudawan, informasi pembayaran dan pengiriman toga (bahkan pelacakan toga yang telah dikirim), informasi persembahan wisuda, dan juga saat beberapa hari menuju wisuda ada informasi mengenai gladi kotor, gladi bersih, dan detail wisuda.

Naah wisuda ini walaupun online tapi juga tetap dilakukan gladi kotor dan gladi bersih. Hal ini bermanfaat untuk panitia wisuda dalam mempersiapkan acara. Kami para wisudawan juga diminta untuk mengikuti gladinya. Dari gladi kotor hingga gladi bersih dilaksanakan lebih dari 3x supaya acara dapat berjalan lancar dengan sebaik mungkin dan meminimalisasi kesalahan teknis lapangan.

Hingga akhirnya tibalah hari H wisuda. Okei... Jadi kembali ke pertanyaan awal, "WISUDANYA KAYAK GIMANA KALAU ONLINE???"

1. Tetap memakai pakaian formal, perempuan diminta memakai kebaya dan laki-laki diminta memakai kemeja, celana hitam, dan sepatu pantofel. Semua wisudawan diwajibkan memakai toga dan medali. Perempuan nggak diminta make up tapi tau lah yaaaa perempuan kalau mau wisuda mah ada aja yang cetar membahana dan plis beneran cantik-cantik banget hari H tuuuuhhh.

2. Didampingi orang tua karena pemindahan tali toga dilakukan oleh orang tua wisudawan. Menurutku ini adalah titik paling penting dari prosesi wisuda. Memang menyenangkan, melegakan, dan akan selalu dikenang pemindahan tali toga dilakukan oleh rektor/direktur kampus/ketua jurusan/deretan pimpinan kampus lainnya. Tapi kali ini terasa lebih sakral karena prosesi wisuda kuliah yang berarti akhir masa sekolah dilakukan oleh guru seumur hidup yaitu orang tua.

3. Tetap ada sambutan, penyerahan wisuda, dan karena kami dari kampus Kementerian Keuangan, alhamdulillah kita dapat mendengar sepatah dua patah kata dari Menteri Keuangan kita saat ini yaitu Ibu Sri Mulyani. Selalu senang mendengarkan beliau dan nasihat-nasihatnya. Semoga kami dapat menjalankan amanah ini yaa, Bu.

4. Ohhyaaa melalui zoom meeting. Seluruh wisudawan dibagi menjadi beberapa kelompok dan beberapa ruang zoom. Jumlah wisudawan PKN STAN tahun 2020 ini mencapai lebih dari 3.000 orang dan diikuti pula dengan panitia dan berbagai jajaran pimpinan kampus sehingga diperlukan banyak ruang zoom. 

5. Disiarkan secara langsung melalui youtube. Jujur aku kurang mengetahui bagaimana cara panitia menyambungkan seluruh ruangan zoom namun aku nggak nyangka seluruh ruangan zoom dapat terhubung dan bahkan disiarkan secara langsung melalui youtube. Ada waktu disaat prosesi wisuda setiap wisudawan dipanggil namanya satu persatu dan ditampilkan secara langsung melalui youtube. Wisudawan di dalam ruang zoom juga dapat melihat teman-temannya dipanggil satu persatu. Saat aku melihat setiap temanku dipanggil aku merasa senang dan sedih jadi satu.. senang karena kami telah mampu berjuang menyelesaikan masa sekolah, namun sedih karena artinya tidak bisa kuliah bersama lagi.

Yaaap mungkin kurang lebih itu cerita ku mengenai wisuda online tahun 2020 kali ini. Jika ingin melihat full videonya bisa dilihat di youtube PKN STAN. 

Aku menulis dan sharing ini semua selain ingin berbagi aku juga ingin menyimpan kenangan wisuda ku dimasa pandemi selamanya dalam tulisanku karena yang abadi adalah tulisan. Jadi ketika nanti aku punya anak, cucu, bahkan ketika aku sudah tidak dapat menginjakkan kaki ku di dunia ini aku harap tulisanku masih hidup. Lalu aku juga berharap pembaca dapat bersemangat walaupun harus melalui masa pandemi dan melalui masa-masa penting dalam hidup dengan keadaan apa-apa online.

Terima kasih untuk seluruh dosen ku selama perkuliahan di PKN STAN, semoga ilmu yang telah kalian berikan dapat bermanfaat untukku kedepannya dan dapat menjadi berkah untuk semua orang.

Terima kasih untuk sahabat dan teman-temanku yang telah berjuang bersama di PKN STAN yang gak mungkin aku sebut satu-satu disini nanti jadi kayak Kata Pengantar KTTA xixixi. Ohhya terima kasih juga paket yang telah dikirimkan ke rumah. Asli seneng bangettt sist brow terimakasiih! <3

Terima kasih jugaa telah membaca! Sehat selalu yaaaa :)

Wassalammualaikum wr.wb.

Nah ini, mau share sedikit fotoku hihihi.





Wisuda online
Wisuda PKN STAN 2020
Akuntansi PKN STAN

Komentar