Pentingkah Pengemasan Produk Kosmetik?


Haii!

Jadi kali ini kepikiran nulis tentang pentingnya sebuah kemasan pada produk kosmetik. Kenapa bisa kepikiran? Soalnya baru banget beli sebuah produk lip cream dari official store online tapi dikirimnya tanpa kemasan. Katanya sih di description udah gak produksi box nya lagi. Walaupun store nya bisa dipercaya karena official dan marketing nya juga bagus tapi karena gak ada info produk jadi kepikiran banyak hal kurang lebih kayak gini: "kapan yaa kadaluwarsanya? kenapa gak produksi box nya lagi? kandungan produk ini apa aja ya? apa ini produk original? apa isi produk udah pernah dipakai? apa karena sale dan promo jadi nggak mau kasih box?"

Entah cuma aku yang bisa sekepikiran ini karena produk yang dikirim tanpa kemasan dan karena dia lip cream jadi gak ada info kemasan pada produknya, tapi kita harus peduli dengan isi kandungan dan tanggal kadaluwarsa yang biasanya tertera pada produk atau box produknya. Untuk efek pemakaian produk kosmetik yang kadaluwarsa itu bisa di search aja di google udah banyak kok artikelnya.

Sooo apasih pentingnya pengemasan sebuah produk? Apalagi kalau pembeliannya online?

1. Menjadi daya tarik dan strategi marketing
Sebagai konsumen kalau kemasan dan design nya menarik bakal betah banget buat beli lagi produknya. Apalagi di zaman social media yang suka endorse dan post produk gitu bisa jadi point plus untuk marketing.

2. Meyakinkan bahwa produk tersebut original dan belum dipakai
Kemasan yang tertutup bisa menandakan kalau produk benar-benar terjaga keadaannya.

3. Informasi produk
Ini sih yang tadi sempat aku singgung sedikit diawal, pelanggan jadi bisa tahu apa sih isi kandungan produknya dan apa ada kandungan yang mungkin nggak cocok di kulitnya. Apalagi kosmetik untuk wajah itu harus hati-hati banget pilihnya. Tanggal kadaluwarsa juga penting banget. Jangan sampai kita beli produk yang tanggal kadaluwarsanya udah lewat karena bisa jadi bumerang dan merusak kulit.

4. Mempengaruhi keyakinan pelanggan
Kalau kemasannya menarik, tertutup, dan terdapat informasi produk yang lengkap yang dibutuhkan pelanggan, terus produknya juga nyaman dipakai, pelanggan bakal yakin tuh buat beli lagi produk tersebut.

Kemasan tentu bisa menjadi dasar kepercayaan pelanggan dan bisa mempengaruhi pelanggan untuk memberi rating produk yang akan diberikan. Pasti dong komentar dan rating pelanggan bisa mempengaruhi pelanggan lain. Jangan sampai karena kemasan produknya buruk, kepercayaan pelanggan hilang, dan rating produk serta komentar yang diberikan negatif.

Ohhya mau tambahan nih, buat yang suka beli kosmetik online jangan lupa di cek bener-bener description produknya. Kalau aku biasanya search juga review produknya. Jangan sampai salah beli dan merusak kulitmu.

Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat yaaa.

 


Komentar